2/10/13

Pilih Mana?

Minggu lalu, gue disuruh buat draft guiding. Gue yang seumur-umur guiding ga pernah bikin  catetan, sekarang disuruh mau ga mau bikin catetan. Oke, bagi gue itu terdengar sangat konyol. Tapi ternyata, di kelas malah metode ini yang disukai sama anak-anak. -_-*


Jadi, menurut kelas gue, cara paling baik untuk guiding adalah dengan MENGHAFAL materi yang akan dibawakan, bukan MEMAHAMI materi yang akan dibawakan. Kalian semua tau kan bedanya, HAFAL dan PAHAM? HAFAl itu kalian cuma inget apa yang mau diomongin, bener-bener textbook, susah buat improvisasi. Giliran tiba-tiba disaat guiding otak lo nge-blank, there's no way to fix it. Kalo PAHAM, lo cukup inget apa poin yang penting, jadi disaat guiding tiba-tiba lo nge-blank, lo bisa mengalihkan perhatian turis dengan sesuatu yang lain. Agak licik ya? X))

Gue pernah nyoba hafalin naskah guiding gue, dan hasilnya? Hancur berantakan. Apalagi gue itu orangnya gampang banget nervous. ._. Sejak saat itu, gue lebih pede kalo ga menghafal. Gue lebih suka baca berkali-kali biar ngerti daripada cuma hafal.

Lagian, ortu gue pernah bilang, "kalo ngomong itu, jangan cuma bunyi tapi ga paham apa yang diomongin. Kalo cuma asal bunyi, ga beda sama orang gila dong?" XD Yup, orang gila kan asal ngomong, padahal ga ngerti sama yang diomongin. >.<

Jadi, pilih mana? HAFAL tapi sama sekali ga ngerti apa yang diomongin, atau PAHAM dan ngerti semua materi yang mau dipake? It's all yours, guys. ^D^

With my best personal regard,


Mr. Glass (^_^)

No comments:

Post a Comment

Ehm, sudah tahu aturan komentar yang baik dan benar kan?