4/4/16

Kaca's Idoling Diary: Selamat Ulang Tahun, Elaine


Elaine Hartanto, atau lebih sering disapa Elaine, adalah anggota generasi 3 JKT48 yang bergabung medio 2014. Hari ini, 3 April, adalah hari ulang tahunnya yang ke-20 dan hari kelulusannya dari JKT48. Hari ini juga otomatis menjadi hari terakhir saya mendukungnya sebagai idol.



Ya, saya adalah salah satu Elaine-oshi. Jangan tanya bagaimana perasaan saya saat dia mengumumkan rencana kelulusannya.



Membuat pilihan untuk mendukungnya adalah salah satu pilihan hidup paling krusial yang saya lakukan (okay, it's a bit exaggerating xD). Saat kandidat calon gen 3 mulai diumumkan, entah kenapa ada yang menarik saya untuk tahu lebih dalam mengenai spesies unik dari Neptunus ini.


Untuk pertama kalinya, Jessica Veranda hampir goyah sebagai oshimen utama saya. Hahaha.



Saya pertama kali menonton Elaine di teater secara langsung pada tanggal 17 Jan 2015, di pertunjukan Pajama Drive. I'm impressed by the way she moved, how she interacted with the other members on the MC session, and her expression was amazing. Saya rasa kita semua bisa sepakat dengan pernyataan bahwa Elaine adalah salah satu member dengan ekspresi muka terbaik.


Banyak momen yang menarik selama menjadi Elaine-oshi. Salah satu yang membanggakan tentunya adalah saat sousenkyou tahun lalu, saat Elainelastic berhasil membawa Elaine ke posisi 17, dan menjadi center para undergirl. Mereka mungkin belum berhasil membawa Elaine ke tangga senbatsu seperti Andela, namun usaha itu berhasil membuat Elaine dilirik oleh manajemen dan hasilnya masuk sebagai senbatsu di 2 single selanjutnya berturut-turut, Halloween Night dan Beginner.

Saya bukanlah suporter yang baik untuk Elaine selama 1 tahun 2 bulan ini. Interaksi saya didominasi dengan tweet atau pos di media sosial. Bahkan handshake atau nonton pertunjukan dia di teater pun jarang.

Saat membaca pengumuman Elaine akan tampil kembali bersama Team T, tanpa pikir panjang saya langsung menekan tombol "pesan". Tanpa penyesalan sedikit pun, it was my kind of perfect show. Elaine tampil dengan sangat lepas di penultimate show-nya bersama Team T. Hasil tempaan di Team J mulai menunjukkan hasil dengan jahilnya dia saat MC. Dan sangat menyenangkan melihat ekspresi wajahnya di tiap lagu yang bisa berubah-ubah sesuai mood lagu itu sendiri. Elaine baru saja membayar lunas penampilannya yang tidak terlalu impresif di Dewi Theater, saat ulang tahun saya tahun lalu.

Di seitansai sekalipun senshuuraku show-nya bersama JKT48, cukup menyesal tidak bisa menonton. Bahkan birthday photo pun kehabisan.

Saya salut dengan Elaine atas proses kelulusannya dari JKT48 yang sangat mulus. Diawali dengan pengumuman yang mengejutkan, kemudian handshake terakhir yang memorable, lalu dilanjutkan dengan senshuuraku yang sangat berkesan bagi semua Elaine-oshi. Jujur, saya menitikkan air mata saat membaca live report dari teman-teman Elainelastic yang ada di teater. Bahkan, Melody pun bilang proses kelulusan Elaine harus menjadi contoh untuk member yang lainnya. Suatu kehormatan untuk seorang "anak baru" seperti Elaine.





Saya pun mengapresiasi usahanya untuk memberikan hadiah akhir yang berkesan untuk para pendukungnya dengan merancang sebuah acara after-party, yang tadinya bertujuan sebagai forum Elaine mengucapkan terima kasih untuk terakhir kali bagi para penggemar yang sudah mendukungnya sejauh ini. A nice gesture from an idol.

All the good things must come to an end. Kelulusan dalam sebuah idol group adalah hal yang lumrah, saat anggotanya ingin mengejar mimpi yang lain. Lulusnya Elaine pun menjadi tanda bahwa dia sudah mencapai targetnya sebagai idol, dan akan mencari mimpi yang lain di tempat yang lain pula.

Jadi, selamat ulang tahun ke-20, Elaine Hartanto. Semoga mimpimu di luar sana akan cepat tercapai. Saya tidak pernah menyesal memilih kamu sebagai oshimen. Selamat berjuang menjadi sociopreneur yang ulung, seperti yang tertulis di akun LinkedIn milikmu. Terima kasih sudah mengunjungi Bumi dan membawa kebahagiaan, salam hangat untuk teman-teman bebekmu di Neptunus sana.





Orang-orang datang dan pergi, barang pun akan lekang termakan usia, namun memori indah akan selalu melekat di otak dan di hati.

Thanks for the ride. Really enjoyed every seconds of it.

"Meskipun sekarang kita berpisah, kami selalu ada disisimu." - Tooku ni Itemo

PS.
For those who still want to connect with Elaine, you can follow her on:
Twitter @elnhrtnt
Instagram Elnhrtnt

No comments:

Post a Comment

Ehm, sudah tahu aturan komentar yang baik dan benar kan?