2/10/13

2012 Belgian Grand Prix


Spa - Franchorchamps Circuit
Grand Prix Belgia 2012. Balap Formula One yang mengambil tempat di Circuit de Spa-Franchorchamps ini diselenggarakan pada tanggal 2 September 2012. Ini adalah race pertama setelah 5 minggu istirahat musim panas. Ini juga adalah race ke-12 dari 20 race di 2012. Michael Schumacher menandai karirnya sekali lagi, dengan mencetak race ke-300 sepanjang karirnya. 


Fernando Alonso masih memimpin klasemen dengan selisih 40 poin dari Mark Webber & Sebastian Vettel. Lewis Hamilton masih mengejar dengan selisih 47 poin di tempat keempat. Ini juga menjadi momen yang spesial untuk Dani Clos & Valteri Bottas.  Dani Clos mendapat kesempatan untuk mencoba mobil HRT milik Narain Karthikeyan di sesi latihan bebas pertama, sedangkan Valteri Bottas mendapatkan mobil Williams milik Bruno Senna sekali lagi.
      
Jenson Button mencetak pole position dengan catatan waktu 1:47.573, sedangkan secara mengejutkan Kamui Kobayashi berhasil ada di grid utama dengan mencetak waktu 1:47.871. Karena Pastor Maldonado terkena penalti turun 3 posisi, Kimi Raikkonen naik ke posisi 3 dengan catatan waktu 1:48.205. Maldonado terkena penalti akibat ulahnya yang dianggap menghalangi Nico Hulkenberg di Q1.

Pada lomba di hari Minggu, Maldonado kembali bertingkah. Dengan alasan slip kopling, mobil Williams itu bergerak sebelum lampu start mati dengan sempurna, dan mendahului Perez dengan selisih sepersekian detik. Grosjean terlihat memulai balapan dengan sempurna dan sedang bergerak melalui sisi dalam untuk melewati tikungan pertama, La Source. Tetapi, ternyata tanpa disadari, gerakan Grosjean ternyata menjepit Hamilton antara dia dengan pit-wall. Alhasil, mereka berdua bersentuhan dan Hamilton terlihat sudah tidak bisa mengendalikan mobilnya. Grosjean terdorong dan akhirnya menghantam Sauber dari Sergio Perez, setelah itu terhempas tak terkendali melewati mobil Ferrari dari Fernando Alonso. Alonso selamat dari maut hanya beberapa inci saja! Hamilton yang tidak berdaya menghantam Kobayashi sekaligus keluar dari lomba. Perez yang kehilangan sayap belakang akibat diseruduk Grosjean, menabrak Maldonado dan membuat Maldonado berputar keluar trek. Mobil Sauber dari Kobayashi terlihat berlubang di sekitar sidepod, tetapi dia memilih untuk masuk pit dan melanjutkan lomba walaupun harus berjuang dari posisi terakhir. Maldonado yang sedang mencoba kembali bertarung, menyenggol Timo Glock pada safety car restart. Mobil HRT dari Narain Karthikeyan menutup drama kecelakaan sepanjang lomba di lap 30 dengan berputar mundur dan menabrak tyre wall karena salah satu bannya lepas.

Setelah start di posisi 14, Felipe Massa bertarung keras untuk mendapat posisi 5, tepat di depan Red Bull dari Mark Webber. Bruno Senna sebenarnya sudah mengamankan posisi 8, tetapi dia terpaksa harus membuat pit-stop dengan sisa lomba 4 lap lagi, dan itu membuat posisinya anjlok menjadi posisi 12. Jenson Button yang memulai lomba dari pole position, tidak mendapat ancaman serius dari Sebastian Vettel yang bertarung keras dari posisi 10 hingga finish di posisi 2, tepat di depan Kimi Raikkonen dari Lotus F1.

Setelah lomba, Romain Grosjean dinyatakan bersalah sebagai penyebab insiden kecelakaan beruntun di putaran pertama. Itu membuat Grosjean mendapat denda sebanyak 50 ribu Euro dan larangan mengikuti 1 race, yang berarti dia akan melewatkan race Monza. Lotus akhirnya merekrut Jerome D’Ambrosio sebagai pengganti sementara di Monza. Pastor Maldonado juga mendapat 2 kali penalty turun 5 grid di race Monza. Penalti pertama karena aksi jump start-nya, yang kedua akibat menyebabkan senggolan dengan Timo Glock yang sebenarnya bisa dihindari. Sekian laporan saya dari 2012 Belgian Grand Prix, sampai bertemu di race selanjutnya!

With my best personal regard,

Mr. Glass =))

PS : Ada beberapa foto dari crash Grosjean di Google, check this out! ^D^