7/27/13

Bugatti reveals new Veyron GSV

New special edition of 254mph Grand Sport Vitesse revealed, called ‘Legend’…


Dalam 12 bulan kedepan, Bugatti akan merilis 6 special edition dari roadster tercepat di dunia. Meet the ‘Les Légendes de Bugatti'.

Diterjemahkan sebagai "Bugatti Legends", 6 special edition cars tersebut akan mewakili 6 orang yang mempunyai peran yang sangat krusial selama Bugatti berdiri. Nama pertama di dalam daftar? Tentu saja, Jean-Pierre Wimille.

Jean-Pierre Wimille adalah salah satu test driver yang bertahan dengan durasi waktu lumayan lama di Bugatti, sudah memenangi beberapa balapan bersama Bugatti - termasuk kemenangan terakhir Bugatti di 1947 Bois de Boulogne, dimana dia mengendarai Monoposto Type 59/50B (single seater) bermesin 4.7 liter.


Dia meninggal dalam sebuah tabrakan mobil di Buenos Aires tahun 1949, tetapi pencapaian terbaik dia untuk Bugatti tetaplah 2 kemenangan di Le Mans; yang pertama di 1937 dimana dia mengendarai 57G Tank dan yang kedua di 1939 - yang didukung oleh Pierre Veyron (see the connection?) - diatas 57C Tank.

Dan sebagai bagian dari peringatan 90 tahun Bugatti tahun ini, Bugatti memutuskan untuk membuat 57G kepunyaan Jean-Piere Wimille sebagai bagian dari perayaan ini. Seperti sudah disebutkan sebelumnya, setiap special edition akan mengambil basis dari Veyron Grand Sport Vitesse, dan untuk mobil pertama ini akan mendapat carbon fibre berlapis warna biru cerah dan Wimille Blue paintwork, seperti yang pernah dipakai Wimille di 57G-nya.



Tema biru diteruskan sampai ke dalam interior roadster ini. Sebuah langkah yang bijak, mengingat GSV ditenagai oleh mesin 8.0 liter W16 yang bisa mengeluarkan 1200 hp dan torsi sekitar 1106 lb/ft, akselerasi 0-100 km/h bisa dicapai hanya dalam 2.6 detik dan mempunyai kecepatan puncak sekitar 408.8 km/h. Suffice to say, tapi adhesif penguat mungkin akan diperlukan untuk memastikan kepala anda tidak copot saat melaju diatas Bugatti Veyron dengan atap terbuka.

Hanya akan ada 3 contoh dari versi Jean-Pierre Wimille yang akan dibuat, dan akan diperkenalkan secara resmi kepada dunia dan Internet antara tanggal 16-18 Agustus di Pebble Beach. 5 nama lainnya akan diungkapkan pada bulan-bulan mendatang. Belum ada kabar soal harga, tetapi untuk referensi, Bugatti GSV yang diperkenalkan pada Shanghai awal tahun ini - yang hanya ada 8 unit di dunia - mempunyai harga lebih dari 2 miliar poundsterling atau lebih dari 32 miliar rupiah.

(Terjemahan bebas dari artikel TopGear.com, Bugatti reveals new Veyron GSV.
Credit to Vijay Pattni.)