9/14/13

IT'S OFFICIAL! Kimi Raikkonen Kembali Ke Ferrari di 2014

Kimi Raikkonen akan bergabung bersama Fernando Alonso di Scuderia Ferrari untuk musim 2014.

The Finn, yang memenangi gelar juara dunia bersama Ferrari pada 2007 tetapi digantikan oleh Alonso diakhir 2009, telah menandatangani kontrak baru dengan Ferrari dengan durasi setahun dan ditambah opsi tambahan satu tahun.

Ferrari yang sepertinya akan mempunyai line-up driver terkuat di 2013, belum mengumumkan apapun soal kesepakatan ini tapi diperkirakan Ferrari akan segera mengumumkan beberapa detailnya.

Raikkonen, 33 tahun, akan menggantikan Felipe Massa yang mengumumkan via Twitter perihal kepindahannya di akhir musim.

Felipe, yang sudah diinformasikan sebelumnya soal keputusan ini dan sudah menjadi bagian dari Ferrari sejak 2006, menyatakan: 

"Mulai 2014, saya tidak akan membalap untuk Ferrari lagi. Saya sangat berterima kasih atas segala kemenangan dan semua momen-momen yang luar biasa yang sudah kita jalani bersama. Mulai sekarang, saya ingin berusaha sekeras yang saya bisa untuk Ferrari di 7 balapan yang tersisa. Untuk tahun depan, saya ingin mencari tim yang bisa memberi mobil yang kompetitif untuk saya agar bisa memenangi banyak lomba dan menjadi juara dunia, yang masih menjadi obsesi terbesar saya!"
Massa pernah sangat dekat dengan gelar juara dunia di musim 2008, saat dia memenangi GP Brazil, tapi hanya sempat merasakannya selama beberapa detik sebelum Lewis Hamilton menyalip Timo Glock - yang sedang berjuang di atas ban kering diatas aspal basah - di tikungan pamungkas di lap terakhir. Hamilton naik ke P5, posisi yang harus dicapainya apabila ingin memenangi gelar juara dunia.

Massa sudah dihubung-hubungkan ke Lotus, yang juga sedang mempertimbangkan pembalap Sauber Nico Hulkenberg, yang juga sering dikaitkan dengan Ferrari sebelum mereka memilih Raikkonen.

Keputusan untuk mem-partner-kan Alonso dan Raikkonen adalah perubahan filosofi yang sangat drastis oleh Ferrari, mengingat sebelumnya mereka beroperasi dengan prinsip "the number one driver", seperti saat Michael Schumacher dari 1996 - 2006 dan selanjutnya dengan Fernando Alonso di 4 tahun terakhir.

Ferrari merasa sekarang lebih baik mempunyai 2 pembalap mumpuni di grid untuk mengejar gelar juara (setidaknya gelar konstruktor) - seperti yang dilakukan saat Raikkonen dan Massa menjadi rekan pada tahun 2007 - 2009.

Keputusan ini sering diinterpretasikan sebagai sebuah penghinaan kepada Alonso, tapi Alonso menyatakan bahwa ia menerima keputusan ini.

Kerjasama & rivalitas diantara 2 pria ini akan sangat dinantikan - Alonso dan Raikkonen terkenal sebagai 2 dari 4 pembalap terbaik di grid F1 saat ini, bersama dengan Lewis Hamilton di Mercedes dan Sebastian Vettel di Red Bull.

Hubungan Alonso dengan McLaren, saat dia menjadi rekan setim dengan Lewis Hamilton di 2007, terkenal sangat panas, dan konflik internal membuat dia meninggalkan McLaren dengan 2 tahun kontrak yang tersisa.

Alonso sudah lama mengatakan bahwa masalahnya saat itu bukanlah dengan Lewis Hamilton, tapi dengan McLaren yang tidak menepati janjinya soal status Alonso di tim.

Kesepakatan Raikkonen bergabung kembali ke Ferrari sudah resmi sejak Senin lalu.

Ferrari ingin untuk mengganti Massa dengan seseorang yang bisa memberikan performa yang lebih handal dan sudah cukup lama mempertimbangkan Raikkonen sebagai kandidat terbaik.

Tapi, keputusan tersebut harus disetujui terlebih dahulu oleh Luca di Montezemolo, presiden Ferrari.

Raikkonen mempunyai pilihan untuk tetap tinggal di Lotus tapi mereka tidak bisa memberikan jaminan yang Raikkonen minta berupa sumber daya teknikal dan finansial untuk tetap bertarung sebagai front-runner musim depan.

Mereka baru saja kehilangan direktur teknikal fenomenal James Allison yang pindah ke Ferrari, dan ada gosip tentang tertundanya pembayaran gaji Raikkonen tahun ini.

Raikkonen adalah pembalap pertama yang kembali ke Ferrari setelah pernah membela Ferrari di 2007 - 2009, peristiwa serupa hanya terjadi saat pembalap Austria Gerhard Berger kembali ke Ferrari di 1993 setelah keluar di akhir musim 1989 untuk membela McLaren.

Saat Raikkonen meninggalkan Ferrari diakhir 2009, dia masih mempunyai sisa 1 tahun kontrak. Tapi, tim harus memilih untuk membuang dia atau Massa untuk menyiapkan tempat untuk Alonso.

Saat itu, Ferrari memilih untuk menahan Massa. Massa mampu mengalahkan Raikkonen di 2008 dan selama 2009 sampai dia mengalami kecelakaan fatal di Hungaria dan membuat dia harus absen sampai akhir musim.

Walaupun banyak pihak yang meragukan apakah Massa akan kembali ke performa semula, Ferrari merasa tidak bisa mengesampingkan Massa dalam situasi kali ini.

Ferrari, pada waktu itu memutuskan untuk mengontrak Raikkonen sebagai pembalap yang diharapkan bisa menggantikan Michael Schumacher yang pensiun di akhir 2006. Tapi, tim merasa Raikkonen tidak punya kepemimpinan yang diharapkan sebelumnya. Mereka merasa karakter Alonso yang keras kepala lebih cocok dengan work habit Ferrari.

Tapi, ketegangan antara Alonso & Ferrari makin meningkat tahun ini, apalagi setelah beberapa kali kehilangan gelar dengan margin yang tipis di 2010 dan 2012.

Mulai sekarang, Ferrari percaya Raikkonen akan menyediakan dukungan yang lebih konsisten untuk Alonso dan bisa mencegah Alonso tidak berada dalam performa terbaiknya sepanjang musim.

Sumber: BBC UK.