6/15/13

RIP Symbian OS

Nokia 3230
 Sistem operasi Symbian selama lebih dari dekade lalu telah mentenagai sebagian besar smartphone Nokia dan menjadikannya pemain yang mendominasi pasar smartphone, hingga kemudian Apple iOS dan Google Android mulai lepas landas pada 2010.

Kini mungkin sudah saatnya untuk mengucapkan selamat tinggal kepada Symbian, karena Nokia berencana menghentikan seluruh pengiriman smartphone berbasis platform Symbian pada musim panas ini.


Seperti dilaporkan Financial Times, bekas produsen ponsel terbesar dunia akan menghentikan smartphone berbasis Symbian musim panas ini dan perusahaan akan sangat tergantung pada platform Windows Phone 8 dari Microsoft.  Kabarnya, Nokia tidak akan mengumumkan secara resmi penghentian pengiriman ini, karena masih ada stok yang harus dijual disejumlah wilayah.

Nokia Lumia 800
 Selama transisi Nokia ke Windows Phone yang dimulai pada tahun 2011, perusahaan masih melakukan pengiriman smartphone Symbian dengan jumlah yang berkurang secara signifikan. Volume Nokia Lumia pada kuartal pertama meningkat 27% setiap kuartal menjadi 5.6 juta unit. Pada saat yang sama penjualan smartphone berbasis Symbian turun menjadi 500 ribu unit perkuartal.

Sementara pada 2012, pengembangan Symbian diserahkan kepada Accenture dan perhatian Nokia tertuju pada restrukturisasi perusahaan dan Windows Phone. Nokia juga mengurangi dana pemasaran Symbian, yang turut mempercepat matinya platform tersebut.

Sedangkan smartphone Symbian terakhir yang dibuat Nokia ialah smartphone dengan kamera 41 megapixel Nokia 808 PureView. Smartphone yang beredar pada pertengahan tahun 2012 ini, sebenarnya masih memiliki penggemar. Namun karena harganya yang terlampau mahal dan OS yang sudah banyak ditinggalkan, membuatnya gagal mengamankan dukungan luas dari operator.

Source : Bhinneka.com

Nokia 808 PureView