5/12/13

Tribute to Sir Alex Ferguson



Berita yang cukup mengejutkan datang dari Manchester United kemarin. Sir Alex Ferguson memutuskan untuk pensiun menjadi pelatih Manchester United. Mengejutkan? Memang. Hampir tidak pernah terdengar rumor soal pergantian pelatih ini sebelumnya.


Sir Alex Ferguson yang menjadi pelatih United sejak tahun 1986 untuk menggantikan pendahulunya, Ron Atkinson, sudah sangat banyak menyumbangkan banyak gelar kepada kubu Red Devils. Selama masa pengabdiannya kurang lebih selama 27 tahun, banyak sekali gelar yang sudah Man United dapatkan bersama SAF. Seperti, 13 gelar Premier League, 5 gelar FA Cup, 4 gelar Piala Liga, 11 gelar Charity/Community Shield, 2 gelar UEFA Champions League, serta masing-masing 1 gelar UEFA Winners Cup, UEFA Super Cup, Intercontinental Cup, dan FIFA Club World Cup. Ini mengantarkan SAF kepada julukan "The Most Successful Manager in FA History"

Apa reaksi dunia saat SAF mengucapkan pengunduran dirinya tersebut? Mungkin penggemar F1 bisa membandingkan dengan saat Michael Schumacher mengumumkan pengunduran dirinya pada 2006. Atau saat dunia kehilangan Lady Diana tahun 1997.

Ya, sebesar itulah perhatian dunia saat SAF mengumumkan keputusannya tersebut. Sesaat setelah laman Man Utd mengunggah berita soal pensiunnya SAF, traffic web tersebut menjadi sangat tinggi. Di Twitter, banyak tweet beragam yang menanggapi berita tersebut, mulai dari tidak percaya sampai meragukan kebenaran berita tersebut.

Bersama Man Utd sejak 6 November 1986, SAF sudah menjalani 1.499 game. Menang di 895 pertandingan, seri di 337 pertandingan, dan kalah di 267 pertandingan. Mencetak gol ke tim lawan 2.764 gol dan kebobolan sebanyak 1.360 gol. Silahkan dihitung sendiri selisihnya ya. :)) Dan Man Utd mempunyai rata-rata kemenangan sebesar 59.71 persen.

Beberapa pemain yang diboyong oleh SAF ke Old Trafford juga menemukan karir mereka di sana. Dibeli oleh Man Utd dengan harga murah, tetapi keluar dengan harga selangit. Yang paling terkenal, mungkin Cristiano Ronaldo. Dibeli dari Sporting CP dengan harga 12.24 juta poundsterling, lalu dijual ke Real Madrid dengan harga 80 juta poundsterling. Selisihnya? 67.76 juta poundsterling.

Selain Cristiano Ronaldo, kita juga mengenal beberapa pemain lainnya yang sukses ditangani oleh Fergie. Siapa yang tidak kenal Mark Hughes? Eric Cantona? Ryan Giggs? Paul Scholes? Ruud van Nistelrooy? Gary Neville? Dan masih banyak lagi pemain yang merasakan kepemimpinan SAF di United.

SAF juga tidak lepas dari beberapa kontroversi selama karirnya di United. Mulai dari beberapa kutipannya yang kontroversial hingga perseteruannya dengan official pertandingan. That's our Fergie. :))

Thank you very much to bring Man Utd as big as these days. Thank you very much, Fergie. :))


With my best personal regard,


Kaca Luthfi