1/6/13

Apa Yang Menarik Dari F1 2013? (Part 2)



Setelah sebelumnya gue kasih tau 10 alasan kenapa F1 2013 akan jadi season yang menarik, sekarang akan gue post lanjutannya. Here we go.....


11. Hotly tipped rookies

Selalu jadi hal yang susah untuk memperkirakan apa yang akan dilakukan oleh pembalap rookie, tapi Esteban Gutierrez (Sauber) dan Valteri Bottas (Williams) sudah diprediksikan akan bersinar oleh orang-orang yang kerja bareng mereka. Gutierrez itu cepat & liar, sementara Bottas sepertinya terlihat mempunyai kecepatan seperti Pastor Maldonado. Pasti bakal ada banyak error yang ga perlu, tapi menarik untuk melihat perkembangan mereka selama 2013. Gimana reaksi Hulkenberg & Maldonado terhadap team-mate mereka? We'll see...



12. A fightback from Faenza

Meskipun musim 2012 bagi Toro Rosso terlihat biasa saja, Ricciado & JEV memperlihatkan sinar mereka yang mengisyaratkan mereka tentang karir jangka panjang mereka di F1. STR sudah diperhitungkan sebagai mid-field team tahun lalu, jadi 2013 akan jadi tahun yang krusial bagi kedua driver dan mereka akan berharap banyak terhadap James Key  - technical director baru - untuk memperkuat kekuatan tim. Jangan terkejut apabila Antonio Felix Da Costa akan masuk ke STR apabila Ricciardo ataupun Vergne terlihat payah di mata Helmut Marko.

 13. The battle at the back

 
Bukan Caterham ataupun Marussia yang membuat kehebohan dengan menembus top 9 di 2013, tapi makin dekatnya posisi mereka dengan kesempatan meraih poin adalah kemungkinan yang sangat besar. Kedua tim akan bertarung untuk bisa masuk ke jajaran team mid-field, walaupun fokus tetap ada di 2014. Jangan lupa, kedua tim ini juga pasti akan bertarung untuk posisi 10 klasemen yang notabene menguntungkan secara finansial karena mendapat jatah komisi hak siar dari FIA. Tugas yang cenderung lebih mudah, karena HRT sudah pasti tidak akan start di 2013.

14. 20 races, classic tracks

Oke, walaupun kemungkinan cuma 19 venue yang pasti menggelar F1 2013, tapi kita akan disuguhi satu set sirkuit klasik nan legendaris untuk menggelar F1. Monte Carlo, Montreal, Silverstone, Spa, Monza, Singapore, Suzuka, dan Austin semuanya hadir. Sementara, kejuaraan akan dimulai dan berakhir di tempat yang semestinya, Melbourne & Interlagos.

15. DRS rules changing


Mungkin keliatannya cuma minor change, tapi sekarang di practice dan qualifying pembalap hanya boleh menggunakan DRS di tempat yang sudah ditentukan, daripada mengaktikannya di bagian sirkuit mana saja. Ini mungkin akan sedikit membantu Ferrari, yang di 2012 sangat kerepotan di qualifying karena F2012 sangat tidak stabil saat mengerem saat DRS dilepaskan. Apa dengan pengurangan pemakaian DRS di latihan maupun kualifikasi, bisa membantu kecepatan Ferrari di sesi tersebut, mengingat pole position mereka di 2012 terjadi saat hujan, dimana DRS tidak diperbolehkan untuk digunakan.

13. Farewell to the V8s

Suara dari mesin V8 mungkin tidak sedahsyat suara mesin V10/V12 di masa lalu, tapi V8 yang sudah memulai karirnya di F1 sejak 2005 sudah menjadi mesin yang paling reliable sepanjang sejarah dan membuat F1 menjadi balapan yang sangat kompetitif. Selain itu, siapapun yang berada di samping sirkuit, tidak akan mengeluh soal suara mesin V8!

14. No more stepped noses!


Sejak Alain Prost mengatakan F1 tergila-gila dengan hidung mobil yang sangat jelek, mulai 2013 akan disediakan vanity panel untuk menutupi stepped nose mereka dan membuat lekukan yang halus, indah secara estetika, tapi tidak mengorbankan aerodinamika kendaraan.

15. More exciting Q1

20 menit pertama dari babak kualifikasi, biasanya menjadi babak yang paling mudah untuk ditebak hasilnya. Biasanya, korban dari keganasan Q1 adalah duo Caterham, duo Marussia, duo HRT, dan 1 Toro Rosso. Tapi dengan 6 mobil yang akan keluar dari Q1, posisi 17 sudah pasti tidak akan cukup aman untuk melaju ke Q2. Sesi kualifikasi akan sedikit lebih rumit untuk mid-field runner team.

16. Politics, politics, politics…

Dan akhirnya... Sudah beberapa musim belakangan ini sangat sepi dengan yang namanya politik. Concorde Agreement sudah tahap untuk diratifikasi, sementara diskusi tentang peraturan di musim 2014, apalagi menyangkut soal mesin, sedang menjadi topik yang lazim diperbincangkan. Who’s going to end up with which engine…?

 Note :
Artikel ini adalah hasil terjemahan bebas dari salah satu artikel di F1Zone.net.
Artikel asli bisa dilihat disini