1/4/13

Apa Yang Menarik Dari F1 2013? (Part 1)

Musim 2012 yang fenomenal mungkin udah jadi kenangan di buku sejarah, tapi musim 2013 juga menjanjikan banget buat jadi musim yang fantastis lagi buat Formula One. Kita mungkin belom setengah jalan lewat dari off-season, tapi jangan kuatir, seiring dengan launching mobil 2013 dan pre-season testing dalam waktu kurang dari 1 bulan. Here’s what to look forwards to in 2013…



1.  Vettel aims to make it four

Cuma ada 3 orang di sejarah yang bisa menang 4 gelar juara dunia F1. Dengan rule yang relatif stabil, dan paruh kedua musim yang terbilang kuat, apa Vettel bisa dapet WDC dia yang ke-4? Dan jadi the youngest man ever to get quadruple F1 World Driver Championship? Dan lagi, apa kita akan melihat package Red Bull yang lebih kuat setelah trial and error mereka di 2012? We'll see...

2. Alonso still aiming for three


Meskipun Fernando Alonso digadang-gadang sebagai all-round best driver di 2012, Alonso sekarang udah ngelewatin 6 musim tanpa jadi WDC. Di 3 kesempatan, yaitu 2007, 2010, dan 2012, dia masuk ke final race masih sebagai penantang kuat WDC. Setelah musim 2012 yang luar biasa, apa dia bisa memimpin Ferrari kembali ke barisan depan? Dengan cara dia kembali ke pertarungan setelah sekian banyak insiden, musim 2013 sudah bisa dipastikan menarik. Satu pesan buat Alo, jangan PHPin suporter kamu lagi ya.... -_-"

3. The rejuvenation of Massa

Felipe Massa menyelesaikan musim 2012 sebagai re-born man, manusia yang terlahir kembali. Lihat saja ekspresi Massa saat berada di podium di GP Brazil. Performa Massa mulai kembali setelah GP Monaco, dengan hasil yang diperlihatkan seiring musim 2012 bergulir hingga akhir. Dengan berada di tim yang didominasi oleh talenta seperti Fernando Alonso, bisa mendekati Alonso saja sudah merupakan prestasi gemilang bagi Massa. Massa tidak bisa mengulangi performanya saat memulai musim 2012, di awal musim 2013. Memulai 2013 dengan performa sama seperti dia mengakhiri 2012, akan membuktikan loyalitas Massa terhadap Ferrari.

4. Perez at McLaren

Sergio Perez mungkin banyak menghabiskan sisa race di 2012 dengan berada di barisan tengah, tapi dibalik itu tersimpan bakat yang masih menunggu untuk digali. Walaupun pria Mexico ini masih sedikit pengalaman, tapi di dalam mobil MP4-28 apapun bisa terjadi. Menarik melihat hubungan antara Jenson & Perez, terpisah sekitar 10 tahun dalam urunsan pengalaman. Juga menarik melihat kerjasama tim di hari Sabtu, dengan kedua driver berpendapat kualifikasi adalah aset kunci buat menang di race Minggu.

5. Hamilton flies the nest


Lewis Hamilton selalu terlihat bersama McLaren. Di 2013, he's not. Hamilton sekarang menjadi driver Mercedes. Tidak ada satu orang pun yang yakin, Mercedes W04 bisa membantu Hamilton untuk meraih hasil maksimal. Tapi di 2012, performa Lewis diatas MP4-27 juga terbilang baik. Ingat, McLaren MP4-27 juga termasuk mobil yang di bawah rata-rata apabila dibandingkan dengan RB8. Jadi, bisa jadi diatas Mercedes W04, Lewis bisa melakukan hal yang sama. Even better.

6. Just how good is Nico Rosberg?

Ada yang punya jawabannya? Sejak kemunculan Rosberg yang pertama di 2006, selalu menjadi hal yang susah untuk menilai Rosberg dibandingkan rekan setimnya. Mark Webber, Alex Wurz, Kazuki Nakajima, sampai Michael Schumacher, semuanya tidak berada dalam top performance saat satu tim dengan Rosberg. Rosberg sebenarnya sudah menunjukkan performa sebagai driver yang mampu bersaing dengan driver top of the table. Dengan Hamilton, dia mendapat front runner driver sebagai team-mate. 2013 bisa jadi sebagai waktunya Rosberg bersinar.

7. Lotus aiming for the title

Lotus adalah fenomena di 2012. Who's agree with me? Yes, sekarang waktunya Lotus untuk bersaing lebih serius dengan Red Bull, McLaren, dan Ferrari. E20 adalah mobil fenomenal yang tidak mempunyai one lap pace yang mempengaruhi performa keseluruhan mereka saat race. Bisakah Lotus memperbaiki performa mereka saat kualifikasi dan naik menjadi front runner team? We'll see.

8. More Kimi Raikkonen

Yes, he's back for another season with Lotus. Meskipun mungkin ini akan menjadi klise, he knows what to do. F1 adalah alasan mengapa Raikkonen kembali hadir di grid.


9. First Lap Nutcase or champion in waiting?

Meskipun banyak fans F1 yang berharap Raikkonen akan bertahan di F1 selamanya, dia bukanlah masa depan dari Lotus Renault. Kehormatan itu ada di diri Romain Grosjean, tapi dia butuh performa yang kuat dan konsisten di 2013. Dia punya kecepatan dan mobil yang kuat untuk menjadi juara dunia - silakan lihat performanya di beberapa race di 2012 - tetapi dia harus mengurangi kebiasaan buruknya. Ya, dia harus mengurangi kebiasaan first lap collision-nya, walaupun tidak semuanya adalah kesalahan Grosjean seorang. It’s time to dispel the First Lap Nutcase tag.

10. The Incredible Hulk at Sauber

   Sauber C31 sebenarnya mobil yang kompetitif untuk memenangkan race. Perlu bukti? Silakan lihat hasil di GP Malaysia atau GP Monza. Hulkenberg juga salah satu bintang di 2012, salah satu performa terbaiknya sepanjang karirnya di balap single-seater. Podium bisa jadi adalah tuntutan minimal, merujuk performa C32 akan setara dengan Sauber C31, sementara kemenangan balapan pertama bisa jadi menjadi salah satu target. Ferrari bisa jadi akan melihat perkembangan Hulkie di Sauber.

Note :
Artikel ini adalah hasil terjemahan bebas dari salah satu artikel di F1Zone.net.
Artikel asli bisa dilihat disini