1/12/14

Cara Menghilangkan Auto-Retweet di Twitter

Akhir-akhir ini, di timeline gue banyak bertebaran "sampah-sampah" berupa twit ngga jelas dari beberapa akun. Setelah gue tanya kepada pemilik akun tersebut, mereka kebanyakan juga bilang tidak tahu kenapa akun mereka bisa tiba-tiba me-retweet twit-twit tersebut.

Usut punya usut, ternyata kebanyakan itu semua berasal dari link ga jelas yang tiba-tiba meminta akses ke akun Twitter dan fatalnya, mereka meng-authorize aplikasi itu untuk mendapatkan akses.

Konten yang di-retweet sangat beragam, mulai dari aplikasi penambah followers, situs berita palsu, bahkan ada yang sampai me-retweet link dari situs 17+.

Berikut ini akan gue coba sampaikan cara termudah untuk membasmi twit-twit tidak jelas tersebut dari akun Twitter anda. Anggap saja ini adalah kontribusi gue terhadap nusa dan bangsa. You are welcome, guys.

Ini adalah contoh akun Twitter yang sudah terinfeksi.


Nah, langkah pertama untuk membersihkan semua "sampah" ini adalah silakan sign in terlebih dahulu ke akun teman-teman sekalian. *yaiyalah*

Setelah itu, silakan masuk ke Settings. Kalian akan menemukan tampilan seperti ini.


Setelah itu, pilih Apps. Kalian akan masuk ke sini.

 
Setelah itu, klik tombol "Revoke access" yang ada di kanan. Pilihlah aplikasi yang sekiranya mencurigakan dan mendapat permission untuk read and write.

Voila! Akun anda akan terbebas dari twit-twit "sampah" tersebut! Cara ini sudah beberapa kali diujikan dan berhasil. Tapi, apabila ada yang mempunyai cara lain, silakan di-share di kolom komentar.

Selamat mencoba! ^^