12/8/13

Gallardo......

26 November lalu , unit ke 14,022 sekaligus unit terakhir dari sebuah Lamborghini Gallardo baru saja selesai dirakit di pabrik Lamborghini di Sant'Agata Bolognese. Sebuah Lamborghini Gallardo LP 570-4 Spyder Performante dengan kelir Rosso Mars menjadi penutup perjalanan Gallardo sejak 2004.

Produksi ke 14,022. Bukan nomor telpon sebuah restoran fast food.
Lamborghini Gallardo sering disebut sebagai baby Lambo karena posisinya yang ada di bawah Murcielago ataupun Aventador. Mesinnya pun "hanya" mengandalkan 5.0L V10 atau 5.2L V10, dimana Murcielago dan Aventador mengandalkan mesin V12.

Nama Gallardo (dibaca: ga-yardo) diambil dari nama sebuah ras banteng, seperti tradisi Lamborghini. Italdesign Giugiaro menangani desainnya dan mengambil basis dari Italdesign Cala keluaran 1995. Mesin 5.0L V10-nya adalah hasil pengembangan dari mesin Audi 4.2L oleh Cosworth.

Dibandingkan pendahulunya yaitu Lambo Urraco dan Jalpa, Gallardo jauh lebih sukses dalam segi penjualan. Gallardo sukses terjual 13,059 unit di seluruh dunia sejak 2004, terdiri dari 8,987 unit fixed roof dan 4,072 unit versi Spyder.

Sepanjang karirnya, Gallardo mempunyai varian yang (sangat) banyak. Mulai dari Coupe, Spyder, Superleggera, Supertrofeo, Police, Tricolore, Squadra Corse, dll.

Top Gear merangkum perjalanan Gallardo dengan merilis artikel Top Gear Guide to Lamborghini Gallardo. Ada 15 model yang diangkat dalam artikel tersebut, antara lain:

1. Lamborghini Gallardo Mk1
2. Lamborghini Gallardo Mk1
3. Lamborghini Gallardo Superleggera
4. Lamborghini Gallardo LP 560-4
5. Lamborghini Gallardo LP 570-4 Superleggera
6. Lamborghini Gallardo LP 570-4 Spyder Performante
7. Lamborghini Gallardo LP 550-2 Valentino Balboni
8. Lamborghini Gallardo LP 560-4 Polizia
9. Lamborghini Gallardo LP 570-4 Blancpain Edition
10. Lamborghini Gallardo LP 560-4 Bicolore
11. Lamborghini Sesto Elemento
12. Lamborghini Gallardo LP 550-2 Tricolore
13. Lamborghini Gallardo LP 570-4 Super Trofeo Stradale
14. Lamborghini Gallardo LP 570-4 Edizione Tecnica
15. Lamborghini Gallardo LP 570-4 Squadra Corse

Gue pribadi punya kenangan yang manis dengan Gallardo. Sama seperti anak laki-laki yang lain, gue juga punya supercar idaman. Salah satunya ya Gallardo ini. Salah satu, karena sebenernya gue adalah penggemar berat dari Kuda Jingkrak alias Ferrari :D

Ada yang masih inget dengan serial game Asphalt? Gue kurang tau sekarang udah sampai seri berapa, tapi dulu game ini sangat populer. Itu juga jamannya Nokia N-Gage dan N-Gage QD masih berjaya =]

Mobil andalan gue, ya Gallardo ini.

Terus, ceritanya bulan Juni kemarin gue berkesempatan untuk ikut acara Exotic Car Sensation bareng Auto Bild Indonesia. Cerita lengkapnya bisa kalian baca sendiri disini.

Ada 2 unit Lamborghini yang ikut dalam acara tersebut, sebuah Aventador berkelir oranye dan sebuah Gallardo berkelir merah muda. Iya, merah muda alias pink.

Walaupun berwarna pink, tapi aku tetap bertenaga. Namaku Gallardo!
Di stint terakhir, gue menampik ajakan untuk naik di atas Aventador dan lebih memilih untuk naik Gallardo pink tersebut. Alasannya simpel, gue takut. Dari awal acara, gue memilih untuk naik mobil yang biasa-biasa aja. Mulai dari Subaru BRZ, Merc SLK350, dan Subaru Impreza WRX STi. Ketiga mobil tersebut ngga ada yang tenaganya melebihi angka 500hp. Kalian tau kan berapa tenaga yang dimiliki Aventador? 700hp.

Pilihan yang tepat. Ternyata itu adalah Gallardo pertama dan terakhir yang pernah gue cicipi. Yang jelas, sensasi saat V10 itu meraung dan mengeluarkan tenaganya tidak akan pernah terlupakan sepanjang hidup.

Dan Indonesia patut berbangga. Indonesia menjadi salah satu dari sedikit negara dimana Lamborghini Gallardo punya edisi spesial. Dengan nama Gallardo: Indonesia Limited Edition, mobil ini hanya tersedia untuk pasar Indonesia dan hanya tersedia di Januari 2013. Berbasis Gallardo LP 550-2, mobil ini banyak mencuri beberapa elemen desain dari Superleggera dan berkelir bright green Ithaca Verde. Ada beberapa opsional yang disematkan pada mobil ini, seperti bemper dan side skirt model Superleggera, engine cover berbahan kaca ditambah LED untuk menambah efek dramatis V10-nya saat dilihat pada malam hari, serta dengan rims bermotif Apollo dual five spokes dengan glossy black finishing.

Anyway, line-up Gallardo akan digantikan dengan Lamborghini Cabrera, yang disinyalir akan berbasis dari Lamborghini Sesto Elemento. Kita tunggu saja tanggal mainnya.

Terima kasih, Gallardo! Terima kasih sudah memenuhi impian hampir semua anak laki-laki di seluruh dunia! =]