10/5/13

Kalender Formula One 2014


Well, tidak terasa F1 musim 2013 sudah mulai memasuki tahap akhir, balapan fly-away yang dimulai dari Singapura di 22 September dan diakhiri di Brazil di 24 November. Dan seperti biasa, kalender F1 2014 sudah diresmikan oleh FIA. Ada 22 balapan di musim 2014, dimulai dari Australia pada 16 Maret dan akan berakhir di Brazil pada 30 November. Ini adalah jumlah balapan terbanyak yang pernah ada dalam satu musim, memecahkan rekor sebelumnya di 20 balapan.
FIA telah mengesahkan kalender F1 musim 2014 dalam sebuah rapat di Dubrovnik, Kroasia pada tanggal 27 September 2013 dengan penambahan 4 balapan baru: New Jersey, Austria, Rusia, dan Meksiko.

GP India akan menghilang sementara di 2014 namun direncanakan akan kembali di 2015. Austria akan melakukan comeback setelah GP Austria terakhir di 2003, di 2013 GP Austria akan kembali diadakan di A1 Ring yang di-rebrand menjadi Red Bull Ring. New Jersey, akhirnya mendapat kepercayaan dari Bernie Ecclestone untuk menggelar balapan di 2014, walaupun sampai sekarang masih dalam status provisional.

Walaupun dikabarkan mengalami masalah seperti India, GP Korea Selatan sementara ini masih ada di jadwal F1 musim 2014. Namun, posisinya diubah menjadi balapan back-to-back setelah GP Cina. Tadinya, posisi GP Korea ada di 7 balapan fly-away penutup.

GP Meksiko di Mexico City Circuit, akan kembali ke F1 di 2014 setelah terakhir menyelenggarakan balapan F1 di 1992. Balapan ini akan dipasangkan back-to-back dengan GP Amerika Serikat di Austin yang akan diadakan tanggal 9 November. Berita baik untuk penggemar NASCAR, Anda tidak akan melewatkan lomba penutup musim NASCAR Sprint Cup Series yang rencananya akan diadakan tanggal 16 November.

Balapan baru lainnya akan diadakan di Rusia. Balapan ini direncanakan akan diadakan di Oktober setelah GP Singapura. GP Rusia ini juga akan direncanakan sebagai penutup seri Eropa, setelah sebelumnya penutup seri Eropa ada di Monza, Italia.

GP Monako akan diadakan pada tanggal 25 Mei, berbarengan dengan IndyCar Indianapolis 500 dan NASCAR Coca-Cola 600 di Charlotte. Benar-benar Motorsport Super Sunday.

Untuk GP Jerman, karena sistemnya selang-seling maka balapan tahun 2014 akan diadakan di Hockenheimring. Nurburgring akan kembali menyapa Anda sekalian di 2015.

Berikut kalender F1 musim 2014 (sementara) yang sudah disahkan oleh FIA:

16 Maret - GP Australia (Melbourne Grand Prix Circuit, Melbourne)
30 Maret - GP Malaysia (Sepang International Circuit, Kuala Lumpur)
6 April - GP Bahrain (Bahrain International Circuit, Sakhir)
20 April - GP Cina (Shanghai International Circuit, Shanghai)
27 April – GP Korea (Korea International Circuit, Yeongam)*
11 Mei – GP Spanyol (Circuit de Barcelona-Catalunya, Barcelona)
25 Mei – GP Monako (Circuit de Monaco, Monte Carlo)
1 Juni – GP Amerika (Port Imperial Street Circuit, New Jersey)*
8 Juni – GP Kanada (Circuit Gilles Villeneuve, Montreal)
22 Juni – GP Austria (Red Bull Ring, Spielberg)
6 Juli – GP Britania (Silverstone Circuit, Silverstone)
20 Juli – GP Jerman (Hockenheimring, Hockenheim)
27 Juli – GP Hungaria (Hungaroring, Budapest)
24 Agustus – GP Belgia (Circuit de Spa-Franchorchamps, Franchorchamps)
7 September – GP Italia (Autodromo Nazionale Monza, Monza)
21 September – GP Singapura (Marina Bay Street Circuit, Marina Bay)
5 Oktober – GP Rusia (Sochi International Street Circuit, Sochi)
12 Oktober – GP Jepang (Suzuka Circuit, Suzuka)
26 Oktober – GP Abu Dhabi (Yas Marina Circuit, Abu Dhabi)
9 November – GP Amerika Serikat (Circuit of the Americas, Austin, Texas)
16 November – GP Meksiko (Autodromo Hermanos Rodriguez, Mexico City)*
30 November – GP Brazil (Autodromo Jose Carlos Pace, Sao Paulo)

Catatan: *) Menunggu konfirmasi kontrak

Trivia:
- PURE (Propulsion Universelle et Recuperation d'Energie) pimpinan Craig Pollock akan masuk ke F1 sebagai engine supplier. Bagaimanapun, PURE sampai November 2012 belum menemukan satupun klien untuk 2014.

- Cosworth memutuskan untuk tidak membuat mesin dengan spesifikasi 2014. Karena itu, Marussia yang masih memakai Cosworth di 2013 harus mencari supplier baru. Akhirnya, Marussia memutuskan untuk memakai mesin dan powertrain dari Ferrari untuk 2014 dan seterusnya.

- Sementara itu, Scuderia Toro Rosso akan memakai Renault di 2014, setelah selama 7 tahun sudah memakai Ferrari.

- Williams akan mengganti Renault dengan Mercedes, ini disebabkan oleh pernyataan Renault yang mengutarakan keinginannya untuk mengurangi suplai mesin menjadi hanya 3 tim saja.

- Felipe Massa akan meninggalkan Ferrari setelah 8 tahun berkarir. Sampai sekarang, belum ada tanda-tanda Massa akan membalap di tim apa untuk 2014. Massa akan digantikan oleh Kimi Raikkonen, yang kembali ke Ferrari setelah 2 tahun melanglang buana di WRC dan 2 tahun bersama Lotus F1 Team. Partnership antara Raikkonen dan Alonso ini adalah yang pertama kali setelah 1954 dimana Ferrari menjalankan musim dengan 2 juara dunia sebagai pembalap intinya.

- Sergey Sirotkin akan menjadi pembalap termuda yang menjalani debut di balapan F1 bersama Sauber di GP Australia. Dengan umur 18 tahun dan 201 hari, dia mengalahkan rekor yang dulunya dipegang oleh Jaime Alguersuari dengan 18 tahun 289 hari. Namun, sampai saat ini Sergey masih menunggu FIA Super Licence sebagai izin mengikuti Grand Prix.

- Mark Webber akan meninggalkan ajang F1 setelah 12 tahun meniti karir di F1. Webber akan mengikuti ajang FIA World Endurance Championship bersama tim LMP1 dari Porsche. Posisinya akan digantikan oleh Daniel Ricciardo dari Scuderia Toro Rosso.

- Mesin akan menggunakan format 1.6 liter V6 dengan turbocharger. Transmisi akan menggunakan girboks semi otomatis 8-percepatan. Putaran mesin akan dibatasi menjadi maksimal 15,000 rpm saja. Mesin minimal harus bisa bertahan selama penggunaan minimal 4,000 km.

- KERS akan berganti nama menjadi ERS di 2014. Boost yang dihasilkan oleh ERS bisa mencapai 161 horsepower untuk 32 detik per lap. KERS sendiri hanya mampu menghasilkan 80 horsepower untuk 6 detik per lap.

-  Ujung dari hidung mobil tidak boleh lebih dari 185 mm dari permukaan.

- Posisi dari ujung exhaust sekarang akan menghadap keatas, bukan kebawah seperti dulu. Ini untuk mempersulit praktik exhaust blown diffuser untuk dilakukan.

- Berat kosong minimum dari mobil akan meningkat dari 642 kg menjadi 690 kg.

- FIA merencanakan untuk menggelar winter testing di Januari dan kandidat venue-nya adalah Losail Circuit di Qatar atau Sakhir Circuit di Bahrain. Ini dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan hujan saat tes berlangsung.

- Young Driver Test akan dihapus, namun 4 venue di Eropa akan menggelar tes selama 2 hari setelah race weekend.

- Akan ada sistem poin penalti untuk pembalap yang dianggap melakukan driving offences. Setelah terkumpul 12 poin penalti, maka pembalap akan mendapatkan race-ban. Saat kembali membalap, pembalap tersebut juga akan mendapat 5 poin penalti sebagai masa percobaan agar dia tidak melakukan driving offences lagi.

- Hanya 5 mesin yang diijinkan untuk mengikuti 1 musim GP. Pembalap yang menggunakan mesin keenam, akan start dari pit-lane. Apabila hanya mengganti komponen secara individual, contohnya untuk turbocharger, unit ERS, atau baterai KERS, maka pembalap hanya dikenakan 10-place grid penalty.

- Pitlane speed limit akan berkurang dari 100 km/h menjadi 80 km/h.

- Free Practice 1 akan bertambah durasinya selama 30 menit atau menjadi 2 jam. Ini akan berguna sebagai alternatif pengganti dari ditiadakannya Young Driver Test. Tim juga akan menerima ekstra set dari ban untuk sesi FP1 di setiap GP. Ini dilakukan agar terjadi lebih banyak percobaan di FP1.

Sumber: Republik F1 dan Wikipedia.